SERAH TERIMA JABATAN DAN PENGUKUHAN PENGURUS 2016

Racana Soedirman gelar Serah Terima Jabatan dan Pengukuhan Pengurus Baru di di Aula Rektorat UNSOED pada 8 Januari 2016. Sertijab Racana Soedirman dilaksanakan dengan penyerahan Pusaka Adat Racana Soedirman sebagai tanda estafet kepemimpinan oleh Ketua Dewan periode 2015, Mustofa Fajar Nugraha (FT, 2011) dan Dwi Intan Puji Astuti (FAPERTA, 2012), kepada Nanang Eko Setyawan More »

PROGRAM HIBAH BINA DESA

Seiring dengan kemajuan teknologi dan pola komsumsi masyarakat, dewasa ini produksi gula kelapa mengalami perubahan baik dari segi bentuk maupun teknologi pembuatannya. Sehingga produk gula kelapa tidak hanya terbatas pada gula kelapa cetak, tetapi sudah mulai berkembang dalam bentuk gula kristal More »

DONOR DARAH PERTAMA DI AWAL KEPENGURUSAN 2016

Purwokerto (12/01). Donor Darah merupakan kegiatan rutin yang di selenggarakan oleh kelompok kerja PPAN di Racana Soedirman. Donor darah kali ini dilaksanakan pada tanggal 12 Januari 2016. Donor Darah ini merupakan program pertama yang diselengarakan oleh PPAN di kepengurusan yang baru More »

RacanaSoedirman kembali mengukir prestasi di tingkat nasional. Kontingen Racana Soedirman yang terdiri dari enam anggota Racana Soedirman yaitu Khalid Ardiana (Biologi 2013), Sultoni Yakub (Biologi 2013), Sahida Woro P (Kesmas 2012), Rohmah Wijiningrum (Pertanian 2013), Chaerul Amin (Peternakan 2013), dan Joti Wahyu P (Hukum 2014) menjadi Juara umum More »

Berikut adalah susunan pengurus baru yang akan menjalankan amanah kepengurusan pada periode 2016 More »

 

PROGRAM HIBAH BINA DESA

Seiring dengan kemajuan teknologi dan pola komsumsi masyarakat, dewasa ini produksi gula kelapa mengalami perubahan baik dari segi bentuk maupun teknologi pembuatannya. Sehingga produk gula kelapa tidak hanya terbatas pada gula kelapa cetak, tetapi sudah mulai berkembang dalam bentuk gula kristal

Gula kristal memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan gula merah yang sudah lebih dahulu dikenal oleh masyarakat karena cara penggunaannya yang mudah, lebih mudah larut dan tidak banyak bahan pengotor non gula seperti yang banyak terdapat di gula cetak. Selain itu karena berbentuk kristal dan kadar airnya rendah membuat umur simpannya lebih lama. Gula ini juga dapat berfungsi sebagai pengganti gula pasir.

inna garuda

Kamis (11/06) Program Hibah Bina Desa (PHBD) Racana Soedirman mengikuti workshop di Hotel Inna Garuda Yogyakarta yang diselenggarakan oleh DIKTI dari 92 Tim yang lolos program pendanaan.  Kak Kuat Priyanto sebagai ketua tim PHBD Racana Soedirman di dampingi Ketua Dewan Racana Soedirman 26-1953 Kak Mustofa Fajar Nugraha mewakili tim PHBD Racana Soedirman dalam kegiatan workshop. Tim yang berjumlah 12 anggota Racana Soedirman tersebut mengambil tema “Diversifikasi Gula Kelapa Cetak Menjadi Gula Kristal Sebagai Upaya Meningkatkan Pendapatan Petani Gula Kepala Di Desa Tamansari Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas”.

IMG-20151227-WA0006[1]

Program Hibah Bina Desa ini juga menjadi bukti bhakti terhadap Bina Masyarakat yang menjadi salah satu dasar dalam setiap kegiatan dan program kerja yang dilaksanakan oleh Racana Soedirman. Berdasarkan analisis dan pemetaan kondisi masyarakat Desa Tamansari, guna menambah nilai tambah yang didapatkan oleh petani gula kelapa di Desa Tamansari, pembuatan gula kelapa cetak kini telah diinovasikan dengan membuat gula kelapa kristal. Pembuatan gula kelapa kristal sebenarnya sudah diketahui caranya oleh beberapa petani, namun belum maksimal dalam pembuatannya dan belum menyeluruh. Alasan mereka yaitu karena pembuatannya cukup menyita banyak waktu.

Namun, dengan adanya program ini maka perlahan petani mau mengikuti arahan yang dianjurkan. Tahap yang dilakukan mulai dari sosialisasi dan pelatihan pembuatan gula kristal yang baik dan benar beserta cara pengemasan, kemudian disusul dengan tahapan memanajemen organisasi perkumpulan petani gula kelapa yang saat ini sudah terbentuk organisasi petani kelapa di Desa Tamansari yaitu Perkumpulan Petani Gula Kelapa Kristal “Gendis Sari” dan sudah memiliki badan hukum yang resmi. Untuk pendistribusian hasil produk pembuatan gula kelapa kristal dimulai dengan mengumpulkan seluruh hasil yang didapakan oleh petani di tempat perkumpulan petani gula kelapa yang selanjutnya didistribusikan secara bersama-sama ke tempat yang sudah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


CommentLuv badge