SERAH TERIMA JABATAN DAN PENGUKUHAN PENGURUS 2016

Racana Soedirman gelar Serah Terima Jabatan dan Pengukuhan Pengurus Baru di di Aula Rektorat UNSOED pada 8 Januari 2016. Sertijab Racana Soedirman dilaksanakan dengan penyerahan Pusaka Adat Racana Soedirman sebagai tanda estafet kepemimpinan oleh Ketua Dewan periode 2015, Mustofa Fajar Nugraha (FT, 2011) dan Dwi Intan Puji Astuti (FAPERTA, 2012), kepada Nanang Eko Setyawan More »

PROGRAM HIBAH BINA DESA

Seiring dengan kemajuan teknologi dan pola komsumsi masyarakat, dewasa ini produksi gula kelapa mengalami perubahan baik dari segi bentuk maupun teknologi pembuatannya. Sehingga produk gula kelapa tidak hanya terbatas pada gula kelapa cetak, tetapi sudah mulai berkembang dalam bentuk gula kristal More »

DONOR DARAH PERTAMA DI AWAL KEPENGURUSAN 2016

Purwokerto (12/01). Donor Darah merupakan kegiatan rutin yang di selenggarakan oleh kelompok kerja PPAN di Racana Soedirman. Donor darah kali ini dilaksanakan pada tanggal 12 Januari 2016. Donor Darah ini merupakan program pertama yang diselengarakan oleh PPAN di kepengurusan yang baru More »

RacanaSoedirman kembali mengukir prestasi di tingkat nasional. Kontingen Racana Soedirman yang terdiri dari enam anggota Racana Soedirman yaitu Khalid Ardiana (Biologi 2013), Sultoni Yakub (Biologi 2013), Sahida Woro P (Kesmas 2012), Rohmah Wijiningrum (Pertanian 2013), Chaerul Amin (Peternakan 2013), dan Joti Wahyu P (Hukum 2014) menjadi Juara umum More »

Berikut adalah susunan pengurus baru yang akan menjalankan amanah kepengurusan pada periode 2016 More »

 

Racana Soedirman Gelar Donor Darah di Bulan Pertama 2016

12009571_1675082929435022_1221990321854402458_n

Purwokerto (12/01). Donor Darah merupakan kegiatan rutin yang di selenggarakan oleh kelompok kerja PPAN di Racana Soedirman. Donor darah kali ini dilaksanakan pada tanggal 12 Januari 2016. Donor Darah ini merupakan program pertama yang diselengarakan oleh PPAN di kepengurusan yang baru, dimana dalam program ini pengurus berkerjasama dengan PMI Banyumas dan ditujukan kepada mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman serta masyarakat umum. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kepedulian terhadap sesama terutama dalam bidang kesehatan, serta pemenuhan stock darah golongan AB dan O yang kekurangan.

Donor Darah ini dilaksanakan dari Pukul 19.00 sampai 23.00 WIB di Pendopo PKM Unsoed. Kali ini antusias pendonor sudah terlihat saat petugas PMI mulai hadir ke pendopo PKM. Dalam Donor Darah, pendonor harus melewati beberapa tahapan yaitu calon pendonor harus melakukan pengisian registrasi dan kuesioner yang disediakan panitia. Kemudian calon pendonor harus melakukan pengecekan berat badan, tekanan darah, dan kadar hemoglobin. Apabila dalam pemeriksaan tersebut tidak memenuhi kriteria maka pendonor tidak dapat mendonorkan darahnya. Setelah itu, apabila lolos dari pengecekan pendonor diperbolehkan untuk melakukan proses donor darah. Setelah melakukan donor darah, pendonor dipersilahkan untuk mengambil snack yang telah disediakan pihak PMI. Snack yang diberikan ini dimaksudkan untuk menambah energi bagi pendonor karena setelah mendonorkan darahnya tentunya akan terasa lemas dan kehabisan tenaga.

“Alhamdulillah pada kegiatan kali ini mendapatkan banyak pendonor, dengan total 83 dengan rincian 7 golongan A, 14 golongan B, 45 golongan O dan 17 golongan AB. Dengan begitu saya sebagai koordinator kelompok kerja PPAN akan mengadakan kembali kegiatan donor darah untuk memenuhi stock darah yang ada di PMI” ungkap Ahmad Faizal Abidin selaku koordinator Pokja PPAN.

Ada beberapa orang yang belum bisa mendonor dikarenakan tidak memenuhi kriteria, apabila dipaksa dikhawatirkan akan berbahaya bagi pendonor. Terdapat 2 orang yang pingsan salah satunya dikarenakan perut yang masih kosong, sehingga daya tahan tubuhnya berkurang, namun kegiatan dapat berjalan dengan lancar. Harapan kedepannya masyarakat dan mahasiswa lebih antusias untuk mendonorkan darahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


CommentLuv badge