SERAH TERIMA JABATAN DAN PENGUKUHAN PENGURUS 2016

Racana Soedirman gelar Serah Terima Jabatan dan Pengukuhan Pengurus Baru di di Aula Rektorat UNSOED pada 8 Januari 2016. Sertijab Racana Soedirman dilaksanakan dengan penyerahan Pusaka Adat Racana Soedirman sebagai tanda estafet kepemimpinan oleh Ketua Dewan periode 2015, Mustofa Fajar Nugraha (FT, 2011) dan Dwi Intan Puji Astuti (FAPERTA, 2012), kepada Nanang Eko Setyawan More »

PROGRAM HIBAH BINA DESA

Seiring dengan kemajuan teknologi dan pola komsumsi masyarakat, dewasa ini produksi gula kelapa mengalami perubahan baik dari segi bentuk maupun teknologi pembuatannya. Sehingga produk gula kelapa tidak hanya terbatas pada gula kelapa cetak, tetapi sudah mulai berkembang dalam bentuk gula kristal More »

DONOR DARAH PERTAMA DI AWAL KEPENGURUSAN 2016

Purwokerto (12/01). Donor Darah merupakan kegiatan rutin yang di selenggarakan oleh kelompok kerja PPAN di Racana Soedirman. Donor darah kali ini dilaksanakan pada tanggal 12 Januari 2016. Donor Darah ini merupakan program pertama yang diselengarakan oleh PPAN di kepengurusan yang baru More »

RacanaSoedirman kembali mengukir prestasi di tingkat nasional. Kontingen Racana Soedirman yang terdiri dari enam anggota Racana Soedirman yaitu Khalid Ardiana (Biologi 2013), Sultoni Yakub (Biologi 2013), Sahida Woro P (Kesmas 2012), Rohmah Wijiningrum (Pertanian 2013), Chaerul Amin (Peternakan 2013), dan Joti Wahyu P (Hukum 2014) menjadi Juara umum More »

Berikut adalah susunan pengurus baru yang akan menjalankan amanah kepengurusan pada periode 2016 More »

 

Musyawarah Pandega

Musyawarah Pandega

 

 

Musyawarah Pandega merupakan Musyawarah yang dilaksanakan di Racana Soedirman yang merupakan forum tertinggi di Racana Soedirman. Musyawarah ini merupakan bentuk evaluasi selama satu tahun dan penyusunan program kerja selanjutnya. Kegiatan yang dilaksanakan antara lain :

  1. Mengevaluasi tugas yang telah dilaksanakan oleh pengurus   Racana Soedirman masa bakti saat itu;
  2. Merencanakan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh pengurus   Racana Soedirman selanjutnya;
  3. Meninjau kembali keputusan Musyawarah Pandega sebelumnya tentang Kebijakan Pokok Bidang Organisasi dan Administrasi, Bidang Kegiatan dan Bidang Adat Racana Soedirman;
  4. Memilih Ketua Dewan Racana Soedirman dan Pemangku Adat Racana Soedirman masa bakti berikutnya.

Musyawarah Pandega merupakan digunakan sebagai wahana yang sangat strategis untuk regenerasi suatu kepengurusan. Selain itu juga digunakan sebagai upaya pencetusan ide-ide baru yang akan meningkatkan kualitas maupun kuantitas Racana Soedirman.

Sangga Kerja Musyawarah Pandega (Sangker Muspan) sendiri merupakan kepanitiaan yang menyelenggarakan kegiatan di atas. Kesanggakerjaan ini harus diadakan di tiap periode kepengurusan.

2 Responses to Musyawarah Pandega

  1. Rizqo Mustaqim says:

    mana yang betul????? Musyawarah Racana atau Musyawarah Pandega???

    Musyawarah Pandega, tapi kenapa menggunakan “SANGGA” KERJA, bukannya sangga kerja untuk Pramuka Penegak??

    • Racana Soedirman says:

      Salam Pramuka !
      Ijin menjawab Kak, untuk pertanyaan pertama silahkan Kakak baca SK KN
      no. 080 Tahun 1988 tentang Polbin TD, untuk pertanyaan kedua silahkan
      Kakak baca SK KN no. 231 tahun 2007 tentang PP Gudep Pramuka.
      Insyaallah akan lebih jelas disitu. terimakasih Kakak ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


CommentLuv badge