SERAH TERIMA JABATAN DAN PENGUKUHAN PENGURUS 2016

Racana Soedirman gelar Serah Terima Jabatan dan Pengukuhan Pengurus Baru di di Aula Rektorat UNSOED pada 8 Januari 2016. Sertijab Racana Soedirman dilaksanakan dengan penyerahan Pusaka Adat Racana Soedirman sebagai tanda estafet kepemimpinan oleh Ketua Dewan periode 2015, Mustofa Fajar Nugraha (FT, 2011) dan Dwi Intan Puji Astuti (FAPERTA, 2012), kepada Nanang Eko Setyawan More »

PROGRAM HIBAH BINA DESA

Seiring dengan kemajuan teknologi dan pola komsumsi masyarakat, dewasa ini produksi gula kelapa mengalami perubahan baik dari segi bentuk maupun teknologi pembuatannya. Sehingga produk gula kelapa tidak hanya terbatas pada gula kelapa cetak, tetapi sudah mulai berkembang dalam bentuk gula kristal More »

DONOR DARAH PERTAMA DI AWAL KEPENGURUSAN 2016

Purwokerto (12/01). Donor Darah merupakan kegiatan rutin yang di selenggarakan oleh kelompok kerja PPAN di Racana Soedirman. Donor darah kali ini dilaksanakan pada tanggal 12 Januari 2016. Donor Darah ini merupakan program pertama yang diselengarakan oleh PPAN di kepengurusan yang baru More »

RacanaSoedirman kembali mengukir prestasi di tingkat nasional. Kontingen Racana Soedirman yang terdiri dari enam anggota Racana Soedirman yaitu Khalid Ardiana (Biologi 2013), Sultoni Yakub (Biologi 2013), Sahida Woro P (Kesmas 2012), Rohmah Wijiningrum (Pertanian 2013), Chaerul Amin (Peternakan 2013), dan Joti Wahyu P (Hukum 2014) menjadi Juara umum More »

Berikut adalah susunan pengurus baru yang akan menjalankan amanah kepengurusan pada periode 2016 More »

 

Profil

Racana Soedirman Gudep Bms. 26-1953 – 26-1954 sebagai Unit Kegiatan Mahasiswa Kepanduan di Universitas Jenderal Soedirman mempunyai peran penting dalam proses pendidikan ditingkat mahasiswa, khususnya pembinaan watak & kepribadian.

Pendidikan ini dirancang dalam bentuk Pelatihan Wajib, Pelatihan Pilihan & Pelatihan Khusus.

a.  Pelatihan wajib   : Gladi Teknik Kepramukaan, Leadership & Management Course (Pelatihan kepemimpinan Dasar), Pelatihan Kesekretariatan.

b.  Pelatihan Pilihan    : Pelatihan Teknologi Tepat Guna, Pelatihan Jurnalistik, Pelatihan SAR, Scouting Skill Training, dll.

c.  Pelatihan Khusus   : Pelatihan Instruktur Muda

Selain pendidikan intern anggota, Racana Soedirman juga mempunyai peran di pendidikan ekstern yaitu membina peserta didik di pangkalan SD, SMP & SMA. Bahkan tidak jarang tim Instruktur Muda Racana Soedirman memberikan Motivation Training kepada sesama mahasiswa.

Racana Soedirman juga dipercaya dari dulu sebagai tim kesehatan Universitas Jenderal Soedirman yang bertugas saat SPMB, registrasi mahasiswa baru, dll.

Sebagai ujung tombak kegiatan & untuk menjaga eksistensi Racana Seodirman  di Universitas, Racana Seodirman mempunyai 4 kelompok kerja (pokja) yang mewadahi minat anggota, dimana masing-masing pokja mempunyai program-program kegiatan yang menarik.

  1. Pokja Pramuka Peduli & Anti Napza : Donor Darah Rutin 3 bln, Penyuluhan bahaya narkoba, Pelatihan PP & pengenalan obat, dll
  2. Pokja Kewirausahaan : Kedai Harian, Kedai Cell, dll
  3. Pokja Kegiatan Alam Terbuka : Pendakian gunung, Panjat tebing, Kemah bareng, Instruktur Outbond, dll
  4. Pokja Pembinaan Peserta Didik : Training for Trainer, Pembinaan di SD & SMP, Persami, dll

Selain di tingkat universitas, Racana Soedirman juga berkiprah di tingkat Kabupaten, Daerah dan Nasional dengan aktif mengirimkan delegasi pelatihan maupun perlombaan dalam kancah regional bahkan nasonal. Sehingga jalinan silaturahmi dengan Universitas lain juga semakin bertambah, selain itu ilmu, wawasan dan pengalaman juga bertambah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


CommentLuv badge