SERAH TERIMA JABATAN DAN PENGUKUHAN PENGURUS 2016

Racana Soedirman gelar Serah Terima Jabatan dan Pengukuhan Pengurus Baru di di Aula Rektorat UNSOED pada 8 Januari 2016. Sertijab Racana Soedirman dilaksanakan dengan penyerahan Pusaka Adat Racana Soedirman sebagai tanda estafet kepemimpinan oleh Ketua Dewan periode 2015, Mustofa Fajar Nugraha (FT, 2011) dan Dwi Intan Puji Astuti (FAPERTA, 2012), kepada Nanang Eko Setyawan More »

PROGRAM HIBAH BINA DESA

Seiring dengan kemajuan teknologi dan pola komsumsi masyarakat, dewasa ini produksi gula kelapa mengalami perubahan baik dari segi bentuk maupun teknologi pembuatannya. Sehingga produk gula kelapa tidak hanya terbatas pada gula kelapa cetak, tetapi sudah mulai berkembang dalam bentuk gula kristal More »

DONOR DARAH PERTAMA DI AWAL KEPENGURUSAN 2016

Purwokerto (12/01). Donor Darah merupakan kegiatan rutin yang di selenggarakan oleh kelompok kerja PPAN di Racana Soedirman. Donor darah kali ini dilaksanakan pada tanggal 12 Januari 2016. Donor Darah ini merupakan program pertama yang diselengarakan oleh PPAN di kepengurusan yang baru More »

RacanaSoedirman kembali mengukir prestasi di tingkat nasional. Kontingen Racana Soedirman yang terdiri dari enam anggota Racana Soedirman yaitu Khalid Ardiana (Biologi 2013), Sultoni Yakub (Biologi 2013), Sahida Woro P (Kesmas 2012), Rohmah Wijiningrum (Pertanian 2013), Chaerul Amin (Peternakan 2013), dan Joti Wahyu P (Hukum 2014) menjadi Juara umum More »

Berikut adalah susunan pengurus baru yang akan menjalankan amanah kepengurusan pada periode 2016 More »

 

Sejarah Racana Soedirman

SEJARAH RACANA SOEDIRMAN

Diawali dari inisiatif Pembantu Rektor III Universitas Jenderal Soedirman saat itu Bapak Drs. Soedito Adjisoedarmo dan seorang mahasiswa Kak Herry Soeprapto (sekarang staf Ahli Rektor UNSOED) dengan kerjasama Kwartir Cabang Banyumas dan Kwartir Daerah Jawa Tengah dimulailah proses pembentukan Gugus depan di kampus Universitas Jenderal Soedirman.

Sebagai penunjang Gugusdepan dibentuklah 10 orang kader Pramuka dari mahasiswa sebagai pengurus. Maka pada tanggal 7 Juni 1980 berdirilah Gugusdepan Banyumas dengan nomor 02.1953 – 02.1954 yang beranggotakan 30 orang diresmikan oleh Ketua Kwartir Daerah XI Jawa Tengah, Kak Pramoe Soetomo. Gudep Bms. 02.1953 – 02. 1954 hanya mempunyai satu satuan Pandega yang diberi nama Racana Soedirman untuk kedua gudep.

Pada awalnya Gudep Bms. 02.1953 – 02. 1954 telah direncanakan berdiri pada tanggal 6 Juni 1980 dengan pertimbangan tanggal tersebut bertepatan dengan kelahiran Ir.Soekarno selaku pencetus tergabungnya seluruh gerakan kepanduan di Indonesia dalam Gerakan Pramuka, tetapi dikarenakan ada sesuatu hal maka lahirlah Racana Soedirman pada tanggal 7 Juni 1980. Tidak lama setelah berdirinya Gudep Bms. 02.1953 – 02. 1954 Racana Soedirman, terjadilah peristiwa penting dengan dilaksanakannya Jambore Daerah Jawa Tengah pada tanggal 19 September 1980 sekaligus peresmian bumi perkemahan Baturraden oleh Presiden Republik Indonesia selaku ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka. Racana Soedirman mendapat kehormatan untuk mengawal panji serta mendukung terlaksananya kegiatan Jambore Daerah tersebut. Kemudian tahun 1985 terjadi perubahan nomor Kwartir Ranting sehingga nomor gugusdepan berubah menjadi Gudep Bms. 26.1953 – 26. 1954. Kemudian pada tahun 2000 menurut petunjuk Administrasi Kwartir Cabang Banyumas terjadi perubahan dalam penulisan Nomor Gudep menjadi Gudep Bms. 26-1953 – 26-1954.

2 Responses to Sejarah Racana Soedirman

  1. NUR WAHYU ADIWIJAYA says:

    Selamat atas website nya. Namun mungkin perlu diklarifikasi sejarah pada alenia pertama : Diawali dari inisiatif Pembantu Rektor III Universitas Jenderal Soedirman saat itu Bapak Drs. Soedito Adjisoedarmo dan seorang mahasiswa Kak Herry Soeprapto (sekarang staf Ahli Rektor UNSOED) dengan kerjasama Kwartir Cabang Banyumas dan Kwartir Daerah Jawa Tengah dimulailah proses pembentukan Gugus depan di kampus Universitas Jenderal Soedirman.

    Saya malah baru tahu karena sejarah yang mengetahui atau bidannya Racana Soedirman Alm Pak Soedito, Alm Kak Ir Soedaryo, Kak MT Oetomo, Kak Dra Kartikaningsih… Saya pikir yang tahu sejarahnya adalah Ketua Dewan Racana Pertama nya yang mesti ditelusuri sejarah pembentukannya. Sedangkan setahu saya Kak Herry Suprapto memang mahasiswa Unseod tapi berkecimpung di Kwarcab. Terima kasih semoga dapat diklarifikasi. Mohon maaf bisa terdapat ketidaknyamanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


CommentLuv badge